Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia di Museum Perjuangan Yogyakarta!

Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia di Museum Perjuangan Yogyakarta!

23 Agustus 2019 1428

Bicara tentang Jogja, Jogja merupakan salah satu kota yang terkenal dengan banyak sejarahnya. Salah satu peninggalan sejarah perjuangan bangsa Indonesia yaitu Museum Perjuangan Yogyakarta.

Museum Perjuangan Yogyakarta adalah salah satu penanda sejarah pentingnya Hari Kebangkitan Nasional yang diprakarsai oleh Dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Pada tanggal tersebut lahir sebuah pergerakan Budi Utomo yang didirikan beliau bersama dengan para mahasiswa STOVIA Jakarta yang dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah untuk mengenang setengah abad Hari Kebangkitan Nasional, berdirilah Museum Perjuangan Yogyakarta. Pembangunan museum dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Sri Paku Alam VIII pada tanggal 29 Juni 1961. Pembangunan museum ini selesai pada tahun 1963. Gedung Museum Perjuangan Yogyakarta memadukan gaya arsitektur zaman kekaisaran Romawi Kuno dan bentuk candi di bagian bawahnya. Bentuk bangunan melingkar seperti silinder yang dikenal dengan istilah Ronde Tempel. Jika di perhatikan, atap gedung museum menyerupai topi baja dengan 5 buah bambu runcing berdiri di atas bola dunia.

Pintu masuk utama bagi para pengunjung berada di bagian depan gedung ini dan langsung berada di lantai II. Di lantai II, pengunjung bisa melihat interior gedung ini dipenuhi dengan jendela sebagai jalur cahaya matahari yang berjumlah 45 buah. Salah satu sudut dari ruangan ini, tampak anak tangga menuju lantai dasar (lantai dasar ini sempat dimanfaatkan sebagai Museum Sandi Negara yang memanjang koleksi aneka persandian).

Di lantai utama ini, terdapat banyak koleksi pernak-pernik perjuangan mulai dari meja dan peralatan makan yang pernah dipakai Presiden Soekarno, selain itu terdapat peninggalan sepeda tua, alat komunikasi radio perjuangan, dan tas milik Bung Hatta.

Nah bagi kalian yang sedang berkunjung ke Yogyakarta untuk berwisata dan mengenang tempat bersejarah seperti Museum Perjuangan Yogyakarta, kalian jangan lupa juga ya mampir dan beli oleh – oleh khas Yogyakarta yaitu Bakpia. Tapi jangan lupa ya belinya di Bakpia Juwara Satoe. Kalian bisa datang langsung ke outlet nya Bakpia Juwara Satoe yang berada di pusat Pathuk, Jalan Jogonegaran nomor 2, Sosromenduran, Gedongtengen, dan outlet Grand Aston Jogja, Jalan Urip Sumoharjo nomor 37, Gondongkusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Photo Credit : Widarko Hartono





Berita Lainnya


Pesona Pagi Pantai Krakal

Pesona Pagi Pantai Krakal

20 Agustus 2019

Pantai merupakan tempat yang sangat cocok untuk menyaksikan terbit maupun tenggelamnya matahari, ketika banyak orang yang lebih senang menikmati sunset, tidak ada salahnya untuk kita mencoba menikmati indahnya sunrise yang terbit di sebelah timur, salah


1006
Oleh-oleh yang wajib kamu beli ketika di Yogyakarta!

Oleh-oleh yang wajib kamu beli ketika di Yogyakarta!

23 Agustus 2019

Siapa yang tidak ingin ke Yogyakarta ? semua pasti ingin berwisata ke kota yang penuh kenangan ini. Meski sudah pernah ke Yogyakarta pasti anda kangen dan rindu untuk kembali lagi ke Yogyakarta. Berbagai pilihan penginapan murah, wisata kuliner ramah kant


929
Paket Kotak Ramdan Bakpia Juwara Satoe

Paket Kotak Ramdan Bakpia Juwara Satoe

23 Agustus 2019

Selain Paket Hemat Ramadan yang disediakan oleh Bakpia Juwara Satoe dalam menyambut hari raya Idul Fitri, Ada pula Paket Kotak Ramadan Bakpia Juwara Satoe yang cocok sekali untuk hantaran saat Hari Raya.


862

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER

Subscribe to our e-mail newsletter and take advantage of the promotions.